Jumat, 09 Desember 2011

Mengobati Rambut Rontok


Tidak ada wanita yang suka melihat rambut rontok ketika sedang disisir. Kalau tidak ditangani, maka lama kelamaan akan menjadi botak. Rambut rontok bisa terjadi karena kekurangan nutrisi, ketidakseimbangan hormon, faktor genetik, alergi terhadap pewarna rambut, kerusakan rambut karena terlalu banyak terkena bahan kimiawi atau pemanas, dan bahkan stres. Banyak cara alami untuk mengobati rambut rontok yang bisa Anda lakukan, antara lain:
Cuci rambut
Pastikan Anda mencuci rambut dengan baik secara teratur agar rambut indah dan sehat. Dan pakailah conditioner dua kali dalam seminggu, tetapi jangan pakai pada akar rambut Anda, karena dapat memperburuk kerontokan rambut.
Pijat kepala dan relaksasi
Pijat kepala Anda, setiap hari, selama beberapa menit. Ini meningkatkan sirkulasi darah diikuti oleh rambut sehat dan rambut rontok berkurang. Dengan melakukan ini, Anda juga akan lebih relaks dan mengurangi stres.
Lidah buaya
Ambil tanaman lidah buaya yang berukuran besar dan tentunya yang memiliki daging yang banyak. Belah lidah buaya menjadi dua bagian dan ambil daging nya. Lumuri pada seluruh bagian kepala Anda dengan lidah buaya hingga merata, kemudian diamkan hingga sepuluh sampai lima belas menit. Cucilah sampai bersih. Lakukan secara rutin dua kali dalam satu minggu.
Nutrisi
Anda juga harus memastikan rambut Anda sudah diberi cukup nutrisi. Makanan bergizi yang baik untuk mengobati rambut rontok antara lain:
  • Ikan dan lemak Omega 3: Mengkonsumsi makanan yang kaya asam lemak esensial atau yang dikenal sebagai omega-3 lemak tak jenuh, dapat menjaga rambut dan kulit selalu sehat. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 adalah ikan, seperti salmon, sarden, halibut dan mackerel. Sumber biji-bijian yang kaya asam lemak omega-3 adalah kenari, biji rami dan kacang kedelai.
  • Telur dan ayam: Asam amino adalah protein yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Telur kaya akan biotin dan vitamin B12, yang diperlukan untuk kesehatan rambut, kuku dan kulit. Ayam dan telur merupakan produk makanan yang memiliki protein berkualitas tinggi.
  • Sapi, tiram dan kacang – kacangan: Pastikan Anda mendapat asupan zinc (zat besi) yang cukup. Zat besi bagus untuk mencegah kerontokan dan rambut memutih. Daging sapi dan moluska terutama tiram, adalah sumber makanan yang terbaik dari zinc. Kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan.
  • Kacang mete, kacang, susu dan biji-bijian: mengandung tembaga yang baik untuk menghentikan rambut rontok. Kacang-kacangan seperti kenari, almond dan mete juga kaya protein dan zinc. makanan ini juga membantu menghilangkan ketombe secara alami jika banyak dikonsumsi.
  • Sayuran hijau: Sayuran hijau gelap seperti bayam, brokoli, kol dan lobak Swiss, kaya akan zat besi, vitamin A dan vitamin C. Tubuh membutuhkan vitamin A dan C untuk menghasilkan sebum, yaitu zat berminyak yang disekresikan oleh folikel rambut. Sebum bertindak sebagai conditioner alami untuk rambut Anda. Asupan sebum yang kurang atau tidak merata di rambut dapat menyebabkan rambut bercabang.
Selain itu, Anda juga dapat menambah makanan untuk rambut sehat lainnya seperti alpukat dan minyak zaitun juga kaya vitamin E dan dapat membuat rambut sehat alami. Rambut Anda akan menjadi indah, sehat dan kuat senantiasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Reader Community

About Administrator