Rabu, 04 Januari 2012

Inilah Cara Terbaik Menangani Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang menyebabkan peradangan kulit dan bermanifestasi menjadi ruam kulit. Salah satu penyebabnya adalah pembentukan pori-pori yang tersumbat lalu menyebabkan iritasi.

Lingkungan dan ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi pemicu lainnya. Sementara jerawat yang paling umum terjadi di kalangan remaja disebabkan oleh frustasi.

Pencegahan dan kontrol
Salah satu penanganan terbaik jerawat adalah pencegahan dan kontrol. Anda bisa mengalahkan jerawat dengan rutinitas perawatan kulit yang mencakup tiga langkah dasar yaitu membersihkan, mengobati dan melindungi.

Pembersihan
Langkah pertama adalah membersihkan kulit dengan lembut secara teratur. Selain itu gunakan produk pembersihan untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan kotoran. Gunakan pembersih jerawat yang mengandung benzil peroksida atau asam salisilat. Cuci muka sekali atau dua kali sehari, termasuk setelah berolahraga. Namun, hindari menggosok atau mencuci kulit berulang. Menggosok dengan handuk atau tangan Anda akan memperburuk masalah kulit.

Mengobati
Sangat penting untuk merawat kulit dengan meminimalkan bakteri menggunakan benzoil peroksida. Atau memperlambat penumpahan sel-sel kulit dengan asam salisilat. Hindari kosmetik yang berminyak atau krim. Bersihkan make-up di malam hari. Jika membeli sesuatu untuk kulit cari yang formulanya berbasis air.

Melindungi
Cobalah untuk tidak memencet atau menggosok jerawat, sebab dapat menyebabkan infeksi kulit dan jaringan parut. Hindari memakai ikat kepala yang ketat, topi bisbol, dan topi lainnya. Sisir atau tarik rambut Anda untuk menjaga rambut menutupi wajah.

Menjaga asupan makanan
Beberapa jenis makanan yang Anda konsumsi akan merangsang jerawat. Seperti makanan yang digoreng. Identifikasi makanan yang mengiritasi kulit atau pencernaan merangsang pertumbuhan jerawat. Meskipun kepercayaan populer bahwa coklat, kacang, dan makanan berminyak menyebabkan jerawat, penelitian tidak mengkonfirmasi ide ini. Diet tinggi gula rafinasi mungkin menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Klinik pengobatan jerawat
Jika menemukan penyebab jerawat karena masalah kulit seperti pori-pori tersumbat topikal, cobalah datang ke klinik pengobatan kulit wajah dan kecantikan untuk memecahkan masalah-masalah spesifik tekstur kulit yang bermasalah.

Menjaga kesehatan fisik dan mental
Stres dan ketidakseimbangan hormon bisa menjadi penyebab utama di balik tumbuhnya jerawat. Jika pengobatan topikal seperti obat jerawat kurang dapat memecahkan masalah lakukan rutinitas diet dan olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Reader Community

About Administrator